Keikutsertaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi

Berita Kegiatan

Bogor – Perpustakaan Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) kembali menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi: Dalam Rangka Percepatan dan Optimalisasi Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi di Indonesia Sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Bimtek yang diadakan oleh Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi ini, bertempat di Kota Bandung, yang diselenggarakan mulai hari Rabu s.d. Jumat (22 – 24 Februari 2023), mengusung tema percepatan dan optimalisasi penyelenggaraan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia sesuai standar nasional perpustakaan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat, Dr. Hening Widiatmoko, M.A. serta diikuti langsung oleh perwakilan perpustakaan perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat termasuk Perpustakaan Poltek SSN yang diwakili oleh Kepala Unit Perpustakaan, Yeni Farida, S.Stat., M.Si.

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai pada bulan Februari s/d Juli 2023 serta diselenggarakan  di 7 (tujuh) dareah provinsi di Indonesia, diantaranya

  1. Provinsi Jawa Barat (Bandung);
  2. Provinsi Jambi (Jambi);
  3. Provinsi Jawa Tengah (Semarang);
  4. Provinsi Lampung (Bandar Lampung);
  5. Provinsi D.I Yogyakarta (Yogyakarta);
  6. Provinsi Riau (Pekan Baru);
  7. Provinsi Jawa Timur (Surabaya); dan
  8. Provinsi Sumatera Selatan (Palembang).

Selain itu kegiatan ini memberikan pemahaman kepada peserta tentang pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi dalam menunjang tri dharma perguruan tinggi sebagaimana yang telah diamanahkan dalam Undang-undang No.12 Tahun 2012 dan diperkuat oleh Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 mengenai sistem pendidikan nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *