Gandeng Seorang Doktor Medsos, Perpustakaan Gelar Workshop DML

Kegiatan

Bogor – Perpustakaan Poltek SSN menyelenggarakan Workshop Digital Marketing for Library (DML) pada tanggal 18 – 19 Juli 2022 di Auditorium Soemarkidjo, Politeknik Siber dan Sandi Negara.

Workshop dihadiri oleh sejumlah pegawai Poltek SSN yang berasal dari unit Perpustakaan, Jurusan Keamanan Siber, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Subbagian Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Unit Laboratorium, dan Perpustakaan Pusbang BSSN.

Kepala perpustakaan Poltek SSN, Yeni Farida, S.Stat., M.Si dalam sambutannya, menyampaikan bahwa tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam hal pemasaran jasa dan informasi.

“Tujuan Workshop Digital Marketing for Library lebih berfokus pada bagaimana cara kita mengemas sumber daya yang dimiliki agar lebih tersebar luas kepada pemustaka. Caranya dengan mengoptimalkan media sosial. Jadi bukan berfokus pada kegiatan marketing-nya saja, tapi juga penciptaan konten-konten yang bermanfaat untuk meningkatkan citra institusi” sebut Yeni.

Dr. Rulli Nasrullah, M.Si atau yang lebih akrab disapa Kang Arul, menjadi narasumber dalam workshop kali ini. Sebagai seorang doktor media sosial pertama di Indonesia, Kang Arul adalah sosok yang sangat tepat untuk membawakan materi Digital Marketing for Library. Dilihat dari pengalamannya sebagai Konsultan Komunikasi Digital untuk Lembaga pemerintah dan swasta, tak heran jika beliau mampu menyampaikan materi dengan sangat apik, interaktif, dan menarik.

Selama dua hari pelaksanaan kegiatan, semua peserta mengikuti kegiatan dengan sangat antusias yang ditandai oleh keikutsertaan peserta pada setiap praktik dan tugas yang diberikan oleh narasumber. Praktik tersebut diantaranya membuat video pendek yang baik, desain visual untuk unggahan media sosial, dan artikel yang menarik pembaca.

Dari hasil kegiatan, dapat disimpulkan bahwa DML memerlukan manajemen strategis sehingga tujuannya dapat tercapai. Komponen DML terdiri dari branding, content, dan conversation.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *